Domo-kun Staring

Selasa, 26 Maret 2013


Hanya Mampu Berdiri 10 Menit, Wanita Obesitas Sukses Turun Bobot 88 kg

0
Justine Forrest sangat mencintai makanan, terutama penganan manis seperti roti dan cake. Namun kecintaannya itu telah membuat wanita berusia 42 tahun ini menumpuk bobot tubuh hingga 177 kg. Ia mengalami obesitas, dan tidak mampu berdiri lebih dari 10 menit karena berat badannya yang jauh di atas normal.

Tak hanya itu, Justine pun sering menjadi olok-olok dan ditertawakan orang saat berjalan-jalan di luar rumah. Merasa malu, Justine akhirnya memutuskan membuat kue sendiri agar ia tak perlu lagi ke luar rumah untuk membeli makanan kesukaannya itu.

Bertahun-tahun mengurung diri di rumah dan larut dengan kue-kue lezat yang diciptakannya sendiri, Justine pun sadar bahwa hidupnya harus segera berubah. Wanita yang kini serius mendalami profesi sebagai pastry chef ini takut umurnya tidak akan panjang dan tidak bisa melihat anak-anaknya tumbuh dewasa.

Maka mulailah Justine menjalani pola makan sehat, fisiknya lebih aktif dan memangkas asupan kalori dari 6.000 per hari hingga jumlah yang direkomendasikan, hanya 2.000 kalori per hari. Usahanya pun berhasil, bobot tubuhnya turun hingga 88 kg dan ukuran bajunya menyusut dari 34 menjadi 14.

"Saya dulu makan berlebihan dan itu menjadi kebiasaan. Bisa dibilang, saat itu saya seorang foodaholic, seperti kecanduan," ujar Justine, seperti dikutip dari Daily Mail.

Dia menambahkan, "Itu sangat konyol. Saya bangun di malam hari, minum obat pereda sakit dan mengganti matras karena saya tak bisa tidur. Saya dulu mengalami sakit punggung dan suami harus memijatnya setiap hari."

Perjuangan Justine melawan obesitas dimulai pada tahun 2008, setelah dia menderita sakit yang teramat sangat di bagian dada. Ia kesulitan bernapas dan hanya bisa bernapas lega saat tidur celentang. Ibu tiga anak ini juga harus meminum obat setiap waktu untuk meredakan heartburn yang dialaminya. Saat tidur, dia harus menggunakan bantal di antara kedua lututnya agar lebih nyaman.

Demi anak-anak dan suami, ia pun meninggalkan makanan kesukaannya. Keju, keripik kentang, cokelat, permen dan cake digantinya dengan makanan sehat seperti sayuran kukus, ayam dan ikan panggang serta kari berbumbu sehat.

Untuk aktivitas fisik, Justine memilih jalan sehat karena mudah dilakukan dan gratis. Tidak perlu ke gym. Namun kini Justine menambah aktivitasnya dengan banyak berlari.

"Saya juga stop makan setelah pukul 6 sore dan hanya minum jus rendah kalori jika lapar," tuturnya.

Justine masih menyalurkan hobinya membuat kue dan berbagai makanan manis lainnya. Brownies adalah salah satu makanan andalannya. Tapi ia lebih suka menjualnya daripada memakan untuk dirinya sendiri. Kecintaannya terhadap makanan ternyata bisa disalurkan dengan cara yang lebih sehat dan positif.

0 komentar:

Posting Komentar